Selasa, 04 September 2012

Makna Sejarah


S.K.1. M enjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah
K.D.1.1. Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah
Indikator:                                                    
1.       Menjelaskan pengertian sejarah
2.       Menjelaskan manfaat mempelajari sejarah sebagai edukatif
3.       Menjelaskan sejarah sebagai rekreatif
4.       Menjelaskan pengertian sumber, bukti, dan fakta sejarah
5.       Mendiskripsikian peristiwa penumpasan G 30 S PKI, Monumen Trisula di Blitar Selatan
6.       Menyusun periodisasi dan kronologi sejarah Indonesia

 Materi 
1. PENGERTIAN SEJARAH

    Sejak kecil saya bercita-cita menjadi seorang guru, maka saya harus berusaha mencapai cita-citasaya dengan berusaha dan berdoa. Saya sekolah di TK AL-Hidayah kemudian di SDI Sukorejo, setamat SD saya tidak melanjutkan  sekolah karena masalah ekonomi saya harus bekerja membantu orang tua, setelah 2 tahun berhenti sekolah saya melajutkan ke SMP Muhammadiyah Blitar,  Alahamdulillah saya termasuk murid yang berprestasi, selepas SMP saya diterima di SMA Negeri 1 Blitar dan kemudian saya kuliah di IKIP Negeri Malang yang sekarang bernama U M , saya lulus tahun 1986 dan pada tanggal 31 Maret 1987 saya menerima SK  Presdiden sebagai guru di SMA Negeri 2 Blitar sampai sekarang. Alhamdulillah cita-cita saya tercapaiMANFAAT BELAJAR SEJARAH
Saya suka belajar sejarah, karena dengan belajar sejarah saya mengetahui apa yang telah tejadi di masa lalu, dari peristiwa masa lalu tersebut saya bisa mengambil hikmahnya, untuk kehidupan saya baik di masa sekarang ataupun dimasa depan, saya bisa belajar darinya, bisa bercermin darinya, yang baik saya contoh yang tidak baik saya buang sehingga saya akan menjadi bijaksana.

2. MANFAAT SEJARAH SEBAGAI REKREATIF
DI Blitar tepatnya di wilayah bagian Utara ada peninggalan sejarah “Candi Penataran”  pada hari libur saya dan keluarga sering pergi untuk rekreasi dan mengagumi betapa tingginya  budaya bangsa Indonesia, banyak sekali pengunjungnya disana ada juga pengunjung dari mancanegara.

4           3. Sumber, Bukti, dan fakta Sejarah
           Pada no 1 saya telah menceriterakan riwayat hidup saya, sehingga  pembaca tahu bagaimana
           kisah hidup saya.
           Pada no 3 menunjukkan bukti bahwa kerajaan Majapahit itu ada karena Candi penataran
           dibangun pada jaman  kerajaan majapahimerupakan bukti sejarah, dari Candi tersebut kita bisa
           mengambil fakta sejarah darinya.
5          4. Mendiskripsikian peristiwa pemberontakan PETA di  Blitar , (Monumen Soepriyadi  di Blitar )
6          5. Menyusun periodisasi dan kronologi sejarah Indonesia
          Umur   5 s/d   7   usia  sekolah di TK
          Umur   7 s/d  13 usia   sekolah dasar
          Umur  13 s/d  16 usia  SMP
          Umur  16 s/d   19 usia SMA
           Dst -nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar