Jumat, 26 Oktober 2012

KD, 1.3. PENELITIAN SEJARAH


I.Tujuan Pembelajaran

1. Melalui buku sumber siswa dapat menjelaskan tahap-tahap dalam penelitian sejarah
2. Melalui ceramah dan Tanya-jawab siswa dapat menjelaskan metode dalam penelitian   
    sejarah
3. Melalui diskusi siswa dapat menentukan sumber- bukti dan fakta dalam sejarah yang 
   akan ditulisnya
3.Melalui buku sumber siswa  dapat menerapkan prinsip-prinsip dalam penelitian sejarah

  
II. Materi Ajar

    1.    Menurut Kuntowijoyo, dalam penelitian sejarah ada 5 tahapan
-          Pemilihan Topik
Dalam pemilihan topic, seorang sejarawan harus memperhatikan kedekatan emosional dan intelektualnya terhadap topic yang dipilih, apabila seorang peneliti melakukan dengan senang hati maka tentu saja kemungkinan untuk mendapatkan penelitian yang maksimal akan lebih besar dibandingkan dengan setengah hati, kedekatan intelektual akan terlihat dari kemampuan intelektual peneliti dalam menganalisa obyek sejarah dengan memanfaatkan sebanyak mungkin teori-teori social yang ada.
-          Heuristik yaitu upaya pengumpulan berbagai data,fakta dan sumber sejarah sebagai bahan untuk menganalisis dan mengungkap berbagai peristiwa pada masalampau.
-          Verivikasi dalam sejarah
Verifikasi adalah menguji keaslian sumber (autensitas) dan keabsahan sumber untuk dipercaya(kredibilitas).Verifikasi juga bisa disebut sebagai kritik sumber.
-          Interpretasi dalam sejarah
            Interpretasi merupakan tahap penafsiran terhadap sumber
-          Historiografi adalah proses penyususn fakta-fakta sejarah dan berbagai sumber yang telah diseleksi dalam bentuk penulisan sejarah

1.                                                  Metode penelitian sejarah
-          Metode observasi
Adalah mengadakan pengamatan langsung ke tempat kejadian sejarah. Metode ini mengharuskan kita mengumpulkan berbagai peninggalan sejarah berupa sumber-sumber tertulis maupun sumber benda, metode ini harus memenuhi beberapa persyaratan yaitu :
§     Unsure peneli
§     Unsure pelaku
§     Factor tempat atau ruang
§     Factor waktu
§     Unsure tujuan
-          Metode wawancara
§     Berstruktur
§     Tidak berstruktur
§     Tertutup
§     Terbuka

3. Sumber, Bukti dan Fakta Sejarah
     a. Sumber, bukti dan fakta sejarah dipilih berdasarkan topic yang telah ditentukan
     b. sumber, bukti dan fakta sejarah dipilih juga berdasarkan jenis-jenis sejarah, misalnya, 
         Sejarah Ekonomi, Sejarah Politik,  Sejarah Sosial, dan Sejarah Kebudayaan.

4. Prinsip-prinsip dasar dalam penelitian sejarah
a.   Wawancara dalam sejarah lesan, dengan menentukan tokoh sejarah lesan yang akan diwawancarai dan menyusun pedoman wawancara yang berisi serentetan pertanyaan yang harus dijawab oleh narasumber sejarah lesan dan harus sesuai dengan topic penelitian, peneliti harus juga menyiapkan kartu pengenal, peralatan bantu wawancara, seperti alat perekam, kaset dan sebagainya.

b.    Sejarah lesan sebagai metode, sumber dan peluang
-Sebagai metode sejarah lesan dapat dengan jelas dan tepat melukiskan peristiwa
  sejarah yang terjadi.

-Sebagai sumber  sejarah lesan menyediakan sumber untuk penelitian sejarah
  dalam bentuk seperti tape atau transkrip  

-Sejarah sebagai peluang memberikan peluang bagi pengembangan subtansi penulisan   
  sejarah diantaranya sebagai berikut :
§  Dengan sifatnya kontemporer, sejarah lesan memberikan kemungkinan yang hampir tidak terbatas untuk menggali sejarah dari pelaku-pelakunya
§  Sejarah lesan dapat menggapai pelaku sejarah yang tidak disebutkan dalam dokumen
§  Sejarah lesan juga memungkinkan perluasan permasalahan sejarah
§  Sejarah lesan dapat mengungkapkan peristiwa sejarah yang lebih humanistis, artinya
§  pengungkapan yang lebih dekat dengan pengalaman sehar-hari dari para pelakunya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar