I.Tujuan Pembelajaran
1. Melalui buku sumber siswa dapat menjelaskan
tahap-tahap dalam penelitian sejarah
2. Melalui ceramah dan Tanya-jawab siswa
dapat menjelaskan metode dalam penelitian
sejarah
3. Melalui diskusi siswa dapat menentukan
sumber- bukti dan fakta dalam sejarah yang
akan
ditulisnya
3.Melalui buku sumber siswa dapat menerapkan prinsip-prinsip dalam
penelitian sejarah
II. Materi Ajar
1. Menurut Kuntowijoyo, dalam penelitian
sejarah ada 5 tahapan
-
Pemilihan
Topik
Dalam pemilihan topic,
seorang sejarawan harus memperhatikan kedekatan emosional dan intelektualnya
terhadap topic yang dipilih, apabila seorang peneliti melakukan dengan senang
hati maka tentu saja kemungkinan untuk mendapatkan penelitian yang maksimal
akan lebih besar dibandingkan dengan setengah hati, kedekatan intelektual akan
terlihat dari kemampuan intelektual peneliti dalam menganalisa obyek sejarah
dengan memanfaatkan sebanyak mungkin teori-teori social yang ada.
-
Heuristik
yaitu upaya pengumpulan berbagai data,fakta dan sumber sejarah sebagai bahan
untuk menganalisis dan mengungkap berbagai peristiwa pada masalampau.
-
Verivikasi
dalam sejarah
Verifikasi adalah
menguji keaslian sumber (autensitas) dan keabsahan sumber untuk
dipercaya(kredibilitas).Verifikasi juga bisa disebut sebagai kritik sumber.
-
Interpretasi
dalam sejarah
Interpretasi merupakan tahap penafsiran terhadap sumber
-
Historiografi
adalah proses penyususn fakta-fakta sejarah dan berbagai sumber yang telah
diseleksi dalam bentuk penulisan sejarah
1.
Metode
penelitian sejarah
-
Metode
observasi
Adalah
mengadakan pengamatan langsung ke tempat kejadian sejarah. Metode ini
mengharuskan kita mengumpulkan berbagai peninggalan sejarah berupa
sumber-sumber tertulis maupun sumber benda, metode ini harus memenuhi beberapa
persyaratan yaitu :
§
Unsure
peneli
§
Unsure
pelaku
§
Factor
tempat atau ruang
§
Factor
waktu
§
Unsure
tujuan
-
Metode
wawancara
§
Berstruktur
§
Tidak
berstruktur
§
Tertutup
§
Terbuka
3. Sumber, Bukti dan
Fakta Sejarah
a. Sumber, bukti dan fakta sejarah dipilih
berdasarkan topic yang telah ditentukan
b. sumber, bukti dan fakta sejarah dipilih
juga berdasarkan jenis-jenis sejarah, misalnya,
Sejarah Ekonomi, Sejarah Politik, Sejarah Sosial, dan Sejarah Kebudayaan.
4. Prinsip-prinsip
dasar dalam penelitian sejarah
a.
Wawancara
dalam sejarah lesan, dengan menentukan tokoh sejarah lesan yang akan
diwawancarai dan menyusun pedoman wawancara yang berisi serentetan pertanyaan
yang harus dijawab oleh narasumber sejarah lesan dan harus sesuai dengan topic
penelitian, peneliti harus juga menyiapkan kartu pengenal, peralatan bantu wawancara,
seperti alat perekam, kaset dan sebagainya.
b.
Sejarah
lesan sebagai metode, sumber dan peluang
-Sebagai metode
sejarah lesan dapat dengan jelas dan tepat melukiskan peristiwa
sejarah yang terjadi.
-Sebagai sumber sejarah lesan menyediakan sumber untuk
penelitian sejarah
dalam bentuk seperti tape atau transkrip
-Sejarah sebagai
peluang memberikan peluang bagi pengembangan subtansi penulisan
sejarah diantaranya sebagai berikut :
§
Dengan
sifatnya kontemporer, sejarah lesan memberikan kemungkinan yang hampir tidak
terbatas untuk menggali sejarah dari pelaku-pelakunya
§
Sejarah
lesan dapat menggapai pelaku sejarah yang tidak disebutkan dalam dokumen
§
Sejarah
lesan juga memungkinkan perluasan permasalahan sejarah
§
Sejarah
lesan dapat mengungkapkan peristiwa sejarah yang lebih humanistis, artinya
§
pengungkapan
yang lebih dekat dengan pengalaman sehar-hari dari para pelakunya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar