Minggu, 04 November 2012

MATERI SEJARAH XI IA, TRANSFORMASI ETNIK


 KD.1.1. MENGANALISIS TERBENTUKNYA NEGARA KEBANGSAAN INDONESIA

1.    Proses Terbentuknya Transformasi Etnik Dan Berkembangnya Identitas Kebangsaan Indonesia di Berbagai Tempat
Perjuangan etnik-etnik di wilayah Indonesia berlangsung amat lama. Hal ini disebabkan masing-masing etnik hanya mementingkan keselamatan dan kebebasan etniknya sendiri. Bahkan mereka belum memikirkan hubungan anatara etinik yang satu dengan yang lainya.namun, perjuangan etnik-etnik yang berada di seluruh wilayah Indonesia bukan saja dilakukan oleh kalangan etnik pribumi, tetapi juga muncul geraka-gerakan etnik yang dilakukan etnik-etnik asing yang telah hidup dan menetap di wilayah Indonesia. gerakan-gerakan yang pernah terjadi dalam menentang pemerintah kolonial Belanda diantaranya:
a)    Gerakan masyarakat Indonesia keturunan Cina
b)   Gerakan masyarakat Indonesia keturunan Indo Belanda

            Pergerakan Bersifat Kedaerahan
Sejak masuknya kekuasaan bangsa Barat (Eropa) ke wilayah Indonesia, telah membawa perubahan dan bahkan menyebabkan terjadinya kegoncangan dalam kehidupan rakyat. Pada awal abad ke 19 penguasa pemerintah kolonial Belanda di wilayah Indonesia mulai mengadakan pembaharuan pada politik kolonial. Tindakan mengahapus kedudukan yang didasarkan pada adat penguasa pribumi dan kemudian dijadikan pegawai pemerintahan telah meruntuhkan kewibawaan penguasa tradisional. Hal ini yang menjadi penyebab munculnya berbagai gerakan-gerakan yang bersifat kedaerahan seperti:
a)    Gerakan melawan kekerasan
b)   Gerakan Ratu Adil
c)    Pergerakan Bersifat Agama

Pembentukan Identitas Nasional dan Terbentuknyss Nasionalisme Indonesia

·         Penggunaan Istilah Indonesia
Tokoh-tokoh yang mempeopulerkan istilah Indonesia adalah J.R Logan, Earl G. Windsor, Adolf Bastian, Van Volenhoven, Snouck Hurgronje, Kern. Disamping tokoh-tokoh itu yang pertama kali mempopulerkan istilah Indonesia, juga ada tokoh bangsa Indonesia pada masa pergerakan seperti dari tokoh-tokoh perhimpunan Indonesia di negeri Belanda
·      Terbentuknya Nasionalisme Kebangsaan Indonesia
Terbentuknya nasionalisme tidak lepas dari faktor-faktor di bawah ini:
a.       Perkembangan pendidikan
Kesadaran nasionalisme Indonesia muncul malaui pendidikan yang diterima pemimpin bangsa.
b.       Diskriminasi
Diskriminasi dilaksnakan dan berkembang dalam alam penjajahan. Disriminasi dilakukan untuk dapat mebedakan antara penguasa dengan yang dikuasainya. Akibat dari dikriminasi ini terjadi perbedaan hidup yang mencolok antara penjajah dengan yang dijajah. Perbedaan-perbedaan itu sangat jelas tampak dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya.

 
Nasionalisme Indonesia dan Perkembangan Nasinalisme di Asia Tenggra
Terbentuknya nasionalisme kebangsaan di Indonesia dipengaruhi oleh perkembangan paham-pahan baru diluar wilayah Indonesia. paham-paham baru yang berkembang di luar wilayah Indonesia pada masa itu seperti paham nasionalisme. Paham nasionalisme ini muncul di beberapa Negara di wilayah Asia maupun Afrika seperti India, Cina, Jepang, Negara-negara timur tengah, dan Mesir.

2. Persiapan-persiapan kemerdekaan RI

     a.Pembentukan BPUPKI
                        Adalah suatu badan yang dibentuk oleh Jepang, yang sebetulnya sebagai reallisasi janji jepang terhadap bangsa Indonesia untuk memberi kemerdekaan di kelak kemudian hari, namun badan ini telah melahirkan konsep-konsep yang sangat penting bagi persiapan kemerdekaan RI, misalnya Konsep Pembukaan UUD 1945, dasar Negara dan sebagainya

b. Pembentukan PPKI
        Karena BPUPKI telah selesai melaksanakan tugas maka Jepang mengganti dengan badan baru yang disebut PPKI,  dimana anggotanya semuanya dari tukoh-tokoh Indonesia badan ini bertugas mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan kemedrdekaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar